Selasa, 22 Januari 2013

4 Negara yang Menggunakan Nama Soekarno untuk Nama Jalan




           Jokowi memberikan wacana untuk berencana memberi nama jalan baru di Jakarta dengan nama proklamator, Ir. Soekarno. Namun meski Soekarno merupakan nama Plokamator Indonesia, namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di negara-negara lainnya.


1.      Mesir Berkat aktifnya Soekarno dalam lembaga perdamaian ini, nama Soekarno pun dibubuhkan untuk jalan di Mesir. Letaknya bersebelahan dengan Jalan Sudan, Daerah Kit-Kat Agouza Geiza. Uniknya, nama jalan ini menjadi Ahmed Soekarno. Tujuannya tak lain, untuk membuktikan bahwa Presiden pertama Indonesia ini beragama Islam.

2.      Maroko Berkat peran aktifnya di Konferensi Asia Afrika, lagi-lagi Soekarno mendapatkan penghargaan dari tanah Afrika. Kali ini Maroko juga menjadi negara yang mengabadikan nama Soekarno menjadi jalan di Rabat, Maroko. Bahkan jalan ini langsung diresmikan sendiri oleh Soekarno bersama dengan Raja Muhammad V pada 2 Mei 1960.

3.      Pakistan Hubungan Pakistan dan Indonesia amat dekat saat Orde Lama. Berkat hubungan tersebut Pakistan pun mengabadikan nama Soekarno di dua tempat penting di Pakistan yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, danSoekarno Bazar, di Lahore.

4.      Rusia Berkat pembicaraan Soekarno dengan Presiden Nikita Kruschev, gudang senjata di St Petersburgh kembali ke fungsi awalnya yakni masjid. Kini masjid tersebut dikenal sebagai Masjid Biru Soekarno.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar