Selasa, 20 November 2012

ANALISIS JURNAL 1


ANALISIS JURNAL 1
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN KARTU SIMPATI TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA PT.TELKOMSEL GRAPARI JEMBER
Oleh : Nurul Ida Safitri 
NIM. 060810291201
Dibuat : 2012-03-14

            Konsekuensi memenangkan persaingan dalam bisnis jasa adalah kesiapan perusahaan dalam hal perbaikan terus-menerus terhadap kualitas jasa, sehingga konsumen akan selalu terpuaskan dan pada gilirannya akan menciptakan loyalitas pelanggan. Jika kinerja kualitas jasa perusahaan baik, konsumen merasa puas dan kemungkinan besar perusahaan menang dalam persaingan, dan sebaliknya jika

kualitas pelayanan jelek, maka konsumen tidak akan merasa puas dan justru akan mempengaruhi citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan Kartu simPATI terhadap kualitas jasa layanan PT.Telkomsel GraPARI Jember.

Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan kartu SimPATI di GraPARI Jember pada tahun 2011 sebanyak 1.500 pelanggan. Jumlah sampel adalah 100 orang. Metode analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas dan service quality (SERVQUAL).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan Kartu simPATI terhadap kualitas jasa layanan PT.Telkomsel GraPARI Jember secara keseluruhan masih belum tercapai. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya

kesenjangan yang negatif pada semua dimensi jasa yang digunakan (bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, dan empati), dalam hal ini harapan yang diinginkan konsumen lebih tinggi dari yang dirasakan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar