Senin, 24 Oktober 2016

“Si Juru Antar Dari Tomang”

Nama : Haris Sudibya ( Inbound)
NIK : CGK15E01H689
Judul : “Si Juru Antar dari Tomang”

   Mendengar kata ekspedisi mungkin sudah tidak asing lagi pendengaran kita, apalagi dengan nama JNE, perusahaan yang malang melintang hampir 26 tahun ini punya cerita tersendiri baik di jajaran atas, menengah, dan  bawah serta di luar ruang lingkup perusahaan. JNE merupakan salah satu perusahaan juru antar terbaik dikelasnya, khususnya nusantara. Menjadi raja antar di nusantara adalah cita-cita para pelopor dan pejuang JNE, tatkala krisis ekonomi pada tahun 1998, banyak perusahaan-perusahaan jasa gulung tikar namun tidak dengan JNE, yang sampai saaat ini terus bertahan dan berkembang dari tahun ke tahun. Banyak pihak khususnya pelanggan JNE yang tidak bisa berpaling dengan pelayanan yang ditawarkan jne, kepuasan pelanggan menjadi menu utama perusahaan ini dalam perjuangan meraih sukses, hal ini terbukti dengan peninggkatan pengguna jasa JNE dari tahun ke tahun.

       Bicara tentang sepak terjang JNE sebagai juru antar nusantara sudah tidak perlu diragukan lagi, kenapa? Karena banyak penghargaan yang telah disematkan oleh badan-badan sertifikasi nasional yang melihat rekam jejak JNE sebagai perusahaan terbaik dari yang lainnya. Hampir 3 dekade JNE sudah mampu mengantongi sebanyak 24 sertifikat penghargaan, dan penghargaan tersebut diraih dari tahun 2012-2016 ( sekarang) antara lain dari penyelenggara SWA Magazine (2012) untuk penghargaan Indonesia Original Brand, MarkPlus Insight (2012) Silver and Bronze Brand Champion of Most Recommended Brand, SMR Group (2013) The Asia HRD Award, Majalah Marketing (2014) Top Brand Award and After Sales Service Award, Telkom University (2015) E-Mark Award, SWA & Bussiness Digest (2016) Indonesia Original Brand 2016, Service Excellent Magazine ( 2016) service Quality Award, dan SWA ( 2016)  HR excellent Award 2016. Hal ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, dan dari waktu ke waktu perusahaan terus berbenah untuk dapat memberikan kepuasan pelayanan jasa antar kepada para pengguna jasa JNE.

    Saat ini pasar sudah bergeser ke era digital, dan cara mendapatkan barang-barang pun sudah sedemikian instan, tinggal online di depan laptop atau smartphone kita sudah dapat mendapatkan barang yang kita inginkan, dan ini merupakan keuntungan perusahaan ekspedisi terutama JNE untuk mempermudah transaksi online tersebut dengan mengantarkan paket ke alamat penerima ke seluruh nusantara sesuai estimasi pengiriman. CEO JNE Group Ahmad Rahim Thahir menyatakan, Peningkatan pengiriman juga dialami oleh JNE, dimana sepanjang tahun 2015 mencatatkan volume pengiriman yang mencapai 121 juta atau naik 39% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 87 juta delivery. Sedangkan tahun 2016 JNE menargetkan 15 juta delivery. Dari seluruh proses delivery tersebut, pelanggan korporate  masih sangat mendominasi, dan sisanya pelanggan individu. Melihat sepak terjang JNE tahun lalu sangat signifikan mengalami peningkatan pengiriman dari tahun ke tahun, hal ini merupakan suatu yang menggembirakan baik bagi kehidupan perusahaan (JNE), Indonesia dan Masa depan orang-orang yang ambil bagian dalam meningkatkan perkembangan perusahaan.

     Kemajuan di era digital membawa angin segar bagi perusahaan dan masyarakat indonesia tentunya menjadi melek internet, mulai dari kalangan atas, menengah, maupun bawah semuanya sudah tidak asing lagi dengan namanya internet, apapun bisa diakses melalui jaringan global ini dan tentunya semakin mempermudah belanja online untuk mendapatkan barang yang diharapkan dengan kategori yang luas dan lengkap tentunya. Baik sebagai pelaku e-commerce maupun pengguna e-commece dan semuanya tidak lepas dengan peran jasa pengiriman yang membantu para pembeli mendapatkan barang yang diharapkan dengan mudah dan cepat untuk melakukan pengirimannya.

        Potensi perusahaan ekspedisi jasa pengiriman di kancah nusantara masih sangat mendominasi, hal ini yang membuat manajemen JNE terus memperbaiki layanan dalam pengiriman paket/doc ke seluruh nusantara, dengan terus memberdayakan SDM untuk mendukung dalam pelayanan pengiriman, dengan memberikan pelatihan tertentu untuk mengasah potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia tersebut, dan JNE terus meningkatkan kinerja IT untuk mendukung kelancaran kinerja baik di dalam maupun di luar ruang lingkup perusahaan. Secara fakta sudah tidak bisa di pungkiri lagi, sifat konsumtif masyarakat indonesia yang tertarik memiliki produk-produk baru yang muncul di pasaran, dengan melek internet tersebut maka setiap orang dapat dengan mudah melihat dan mencari informasi produk tersebut melalui internet. Banyak toko-toko online yang besar dengan menawarkan berbagai koleksi perlengkapan kebutuhan setiap orang mulai dari kategori : Kamera, sepeda, fashion pria&wanita, kamera, elektronik, perlengkapan bayi, makanan, minuman, dll.. yang didapatkan dari toko online terpercaya seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Elevenia,  dll. Yang masih banyak lagi dan untuk pengiriman tersebut pihak toko online sudah mempercayakan pengiriman ke perusahaan ekspedisi, khususnya JNE perusahaan selalu dipercayakan oleh berbagai toko online untuk melakukan pengiriman. Dan untuk pengiriman dengan JNE tidak terlalu rumit hanya mengisi nama penerima, alamat lengkap, dan nomor hp/telp penerima maka paket dapat sampai ke alamat penerima sesuai dengan pelayanan yang digunakan.

        Peran serta JNE dalam memajukan perekonomian Tanah Air sudah tidak diragukan lagi, berkat kemunculan perusahaan ini, turut menciptakan lapangan kerja dan hal ini tentunya mengurangi jumlah pengangguran di indonesia.  JNE sebagai perusahaan jasa terkemuka di tanah air juga menerapkan prinsip kekeluargaan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan-karyawannya, hal ini dibuktikan dengan makin bertambahnya jumlah karyawan JNE dari tahun ke tahun, saat ini jumlah karyawan JNE mencapai 13.000 orang dari seluruh nusantara yang siap bekerja sama untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan. Hal ini tidak luput dari pesan Alm H. Soeprapto suparno yang menyatakan JNE besar karna menyantuni anak yatim piatu dan pesan inilah yang selalu di ingat karyawan dan dijadikan panutan untuk sukses perusahaan. Industri ekonomi kreatif di indonesia maju dengan pesat seiring dengan perkembangan jaman, dan hal ini yang membuat JNE semakin menata diri dari waktu ke waktu dan tak luput memberikan promo menarik terhadap pelanggan setianya dengan promo-promo tertentu.
       
       Persaingan di dalam negri sangat ketat, karna banyak pesaing-pesaing JNE yang telah lama malang melintang di industri jasa pengiriman paket, namun hal tersebut tidak membuat gentar para laskar JNE yang telah menikmati pahit manis perusahaan dalam kontribusinya memberikan pelayaan terbaik. Dalam merangkai Nusantara perusahaan juga melakukan pendekatan spiritual bagi karyawan sebagai sumber daya manusia yang berpotensi meningkatkan daya saing perusahaan baik di dalam maupun di luar  negeri kedepannya. Sebagai perusahaan jasa yang terhitung masih muda namun JNE sudah mendominasi pengiriman di negri sendiri, dan banyak belajar dari pengalaman perusahaan jasa ekspedisi sebelumnya. Melalui koordinasi yang baik dan tepat JNE mampu tumbuh dan berkembang pesat, dan hal ini mampu memberikan efek positif terhadap perekonomian Indonesia khususnya dibidang Industri jasa. Tanpa perusahaan ekspedisi, mungkin seperti halnya tanaman tanpa bunga, tidak ada rantai pasok yang menjaga keseimbangan proses pemenuhan kebutuhan. Jadi perusahaan pengiriman paket, khususnya JNE sangat berperan penting dalam memajukan kehidupan bangsa dan kesejahteraan karyawan-karyawan yang ikut ambil bagian dalam potensi sukses JNE. Semoga kedepannya JNE dapat terus berkembang dan berjaya dalam dominasi perusahaan pengiriman paket di nusantara untuk jangka waktu yang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar