Nama : Haris Sudibya ( Inbound)
NIK : CGK15E01H689
Mendengar
kata ekspedisi mungkin sudah tidak asing lagi pendengaran kita, apalagi dengan nama
JNE, perusahaan yang malang melintang hampir 26 tahun ini punya cerita
tersendiri baik di jajaran atas, menengah, dan
bawah serta di luar ruang lingkup perusahaan. JNE merupakan salah satu
perusahaan juru antar terbaik dikelasnya, khususnya nusantara. Menjadi raja
antar di nusantara adalah cita-cita para pelopor dan pejuang JNE, tatkala
krisis ekonomi pada tahun 1998, banyak perusahaan-perusahaan jasa gulung tikar
namun tidak dengan JNE, yang sampai saaat ini terus bertahan dan berkembang
dari tahun ke tahun. Banyak pihak khususnya pelanggan JNE yang tidak bisa
berpaling dengan pelayanan yang ditawarkan jne, kepuasan pelanggan menjadi menu
utama perusahaan ini dalam perjuangan meraih sukses, hal ini terbukti dengan
peninggkatan pengguna jasa JNE dari tahun ke tahun.
Bicara
tentang sepak terjang JNE sebagai juru antar nusantara sudah tidak perlu
diragukan lagi, kenapa? Karena banyak penghargaan yang telah disematkan oleh
badan-badan sertifikasi nasional yang melihat rekam jejak JNE sebagai
perusahaan terbaik dari yang lainnya. Hampir 3 dekade JNE sudah mampu
mengantongi sebanyak 24 sertifikat penghargaan, dan penghargaan tersebut diraih
dari tahun 2012-2016 ( sekarang) antara lain dari penyelenggara SWA Magazine
(2012) untuk penghargaan Indonesia Original Brand, MarkPlus Insight (2012)
Silver and Bronze Brand Champion of Most Recommended Brand, SMR Group (2013)
The Asia HRD Award, Majalah Marketing (2014) Top Brand Award and After Sales
Service Award, Telkom University (2015) E-Mark Award, SWA & Bussiness
Digest (2016) Indonesia Original Brand 2016, Service Excellent Magazine ( 2016)
service Quality Award, dan SWA ( 2016) HR excellent Award 2016. Hal ini merupakan
suatu pencapaian yang luar biasa, dan dari waktu ke waktu perusahaan terus
berbenah untuk dapat memberikan kepuasan pelayanan jasa antar kepada para
pengguna jasa JNE.
Saat
ini pasar sudah bergeser ke era digital, dan cara mendapatkan barang-barang pun
sudah sedemikian instan, tinggal online di depan laptop atau smartphone kita
sudah dapat mendapatkan barang yang kita inginkan, dan ini merupakan keuntungan
perusahaan ekspedisi terutama JNE untuk mempermudah transaksi online tersebut
dengan mengantarkan paket ke alamat penerima ke seluruh nusantara sesuai
estimasi pengiriman. CEO JNE Group Ahmad Rahim Thahir menyatakan, Peningkatan
pengiriman juga dialami oleh JNE, dimana sepanjang tahun 2015 mencatatkan
volume pengiriman yang mencapai 121 juta atau naik 39% dibanding tahun
sebelumnya yang mencapai 87 juta delivery. Sedangkan tahun 2016 JNE menargetkan
15 juta delivery. Dari seluruh proses delivery tersebut, pelanggan
korporate masih sangat mendominasi, dan
sisanya pelanggan individu. Melihat sepak terjang JNE tahun lalu sangat
signifikan mengalami peningkatan pengiriman dari tahun ke tahun, hal ini
merupakan suatu yang menggembirakan baik bagi kehidupan perusahaan (JNE),
Indonesia dan Masa depan orang-orang yang ambil bagian dalam meningkatkan
perkembangan perusahaan.
Kemajuan
di era digital membawa angin segar bagi perusahaan dan masyarakat indonesia
tentunya menjadi melek internet, mulai dari kalangan atas, menengah, maupun
bawah semuanya sudah tidak asing lagi dengan namanya internet, apapun bisa
diakses melalui jaringan global ini dan tentunya semakin mempermudah belanja
online untuk mendapatkan barang yang diharapkan dengan kategori yang luas dan
lengkap tentunya. Baik sebagai pelaku e-commerce maupun pengguna e-commece dan
semuanya tidak lepas dengan peran jasa pengiriman yang membantu para pembeli
mendapatkan barang yang diharapkan dengan mudah dan cepat untuk melakukan
pengirimannya.
Potensi
perusahaan ekspedisi jasa pengiriman di kancah nusantara masih sangat
mendominasi, hal ini yang membuat manajemen JNE terus memperbaiki layanan dalam
pengiriman paket/doc ke seluruh nusantara, dengan terus memberdayakan SDM untuk
mendukung dalam pelayanan pengiriman, dengan memberikan pelatihan tertentu
untuk mengasah potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia tersebut, dan JNE
terus meningkatkan kinerja IT untuk mendukung kelancaran kinerja baik di dalam
maupun di luar ruang lingkup perusahaan. Secara fakta sudah tidak bisa di
pungkiri lagi, sifat konsumtif masyarakat indonesia yang tertarik memiliki
produk-produk baru yang muncul di pasaran, dengan melek internet tersebut maka
setiap orang dapat dengan mudah melihat dan mencari informasi produk tersebut
melalui internet. Banyak toko-toko online yang besar dengan menawarkan berbagai
koleksi perlengkapan kebutuhan setiap orang mulai dari kategori : Kamera,
sepeda, fashion pria&wanita, kamera, elektronik, perlengkapan bayi,
makanan, minuman, dll.. yang didapatkan dari toko online terpercaya seperti
Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Elevenia, dll. Yang masih banyak lagi dan untuk
pengiriman tersebut pihak toko online sudah mempercayakan pengiriman ke perusahaan
ekspedisi, khususnya JNE perusahaan selalu dipercayakan oleh berbagai toko
online untuk melakukan pengiriman. Dan untuk pengiriman dengan JNE tidak
terlalu rumit hanya mengisi nama penerima, alamat lengkap, dan nomor hp/telp
penerima maka paket dapat sampai ke alamat penerima sesuai dengan pelayanan
yang digunakan.
Peran
serta JNE dalam memajukan perekonomian Tanah Air sudah tidak diragukan lagi,
berkat kemunculan perusahaan ini, turut menciptakan lapangan kerja dan hal ini
tentunya mengurangi jumlah pengangguran di indonesia. JNE sebagai perusahaan jasa terkemuka di tanah
air juga menerapkan prinsip kekeluargaan dalam meningkatkan kesejahteraan
karyawan-karyawannya, hal ini dibuktikan dengan makin bertambahnya jumlah
karyawan JNE dari tahun ke tahun, saat ini jumlah karyawan JNE mencapai 13.000
orang dari seluruh nusantara yang siap bekerja sama untuk memajukan dan
mengembangkan perusahaan. Hal ini tidak luput dari pesan Alm H. Soeprapto
suparno yang menyatakan JNE besar karna menyantuni anak yatim piatu dan pesan
inilah yang selalu di ingat karyawan dan dijadikan panutan untuk sukses
perusahaan. Industri ekonomi kreatif di indonesia maju dengan pesat seiring
dengan perkembangan jaman, dan hal ini yang membuat JNE semakin menata diri
dari waktu ke waktu dan tak luput memberikan promo menarik terhadap pelanggan
setianya dengan promo-promo tertentu.
Persaingan di
dalam negri sangat ketat, karna banyak pesaing-pesaing JNE yang telah lama
malang melintang di industri jasa pengiriman paket, namun hal tersebut tidak
membuat gentar para laskar JNE yang telah menikmati pahit manis perusahaan
dalam kontribusinya memberikan pelayaan terbaik. Dalam merangkai Nusantara
perusahaan juga melakukan pendekatan spiritual bagi karyawan sebagai sumber
daya manusia yang berpotensi meningkatkan daya saing perusahaan baik di dalam
maupun di luar negeri kedepannya.
Sebagai perusahaan jasa yang terhitung masih muda namun JNE sudah mendominasi
pengiriman di negri sendiri, dan banyak belajar dari pengalaman perusahaan jasa
ekspedisi sebelumnya. Melalui koordinasi yang baik dan tepat JNE mampu tumbuh
dan berkembang pesat, dan hal ini mampu memberikan efek positif terhadap
perekonomian Indonesia khususnya dibidang Industri jasa. Tanpa perusahaan
ekspedisi, mungkin seperti halnya tanaman tanpa bunga, tidak ada rantai pasok
yang menjaga keseimbangan proses pemenuhan kebutuhan. Jadi perusahaan
pengiriman paket, khususnya JNE sangat berperan penting dalam memajukan
kehidupan bangsa dan kesejahteraan karyawan-karyawan yang ikut ambil bagian
dalam potensi sukses JNE. Semoga kedepannya JNE dapat terus berkembang dan
berjaya dalam dominasi perusahaan pengiriman paket di nusantara untuk jangka
waktu yang panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar