BAB 3
METODE PENELITIAN
3.1 Objek
Penelitian
Dalam
menulis penulisan ilmiah ini penulis mengambil objek tentang pelayanan provider
terhadap konsumen , karena penulis merasa ingin tahu seberapa besar tingkat
kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh provider masing-masing
telephone selular. Maka dalam penulisan ini penulis menganalisis hal tersebut
dan menjelaskan tingkat kepuasan konsumen.
3.2 Data /
Variabel
Data yang
digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, antara lain :
a. Data
Primer
Data yang
diperoleh dari perusahaan secara langsung dengan cara observasi dan wawancara
langsung dengan beberapa pengguna provider telkomsel dan indosat.
b. Data Sekunder
Data
sekunder didapatkan secara tidak langsung melalui studi pustaka dimana
pengambilan data ini dimaksudkan untuk mendapatkan data-data yang mendukung
penulisan ini yang tidak diperoleh dari perusahaan.
3.3 Metode
Pengumpulan Data / Variabel
Penulis
menggunakan tiga cara pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penulisan ini :
a.Observasi
yaitu mengadakan secara langsung aktivitas kegiatan perusahaan.
b.Wawancara
yaitu dengan cara mendatangkan dan mewawancarai langsung pihak perusahaan yang
bersangkutan.
c.Kuisioner yaitu data yang didapat
berdasarkan dari sebaran daftar pertanyaan yang diberikan kepada 50 responden,
yaitu para konsumen yang berbelanja pada supermarket tersebut.
3.4
Hipotesis
Ho :
Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan
provider.
Ha :
Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan provider.
3.5 Alat
Analisis Yang Digunakan
Adapun cara
yang penulis gunakan untuk menganalsis data yaitu dengan menggunakan Skala
Likert dan Metode Chi Square.
3.6 Model Penelitian
Tingkat kepuasan konsumen berdasarkan analisis
dari kelima dimensi, dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung =
106,85, dimensi daya tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi
kepastian X2 hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2
hitung 56,88, dan dimensi bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32.
Dari
analisis yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan terlihat baik, ini dapat
dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2 hitung =
342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan dengan
menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen secara umum
telah merasa puas dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan
yang diberikan dengan melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap,
kepastian, perhatian, dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki tingkat
kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan secara
umum sesuai dengan harapan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar